Pengelolaan Sampah Memberdayakan Puluhan Warga dengan Upah UMK

    0
    187

    Pengelolaan sampah di lakukan pihak desa ternyata mampu memberdayakan 31 warga sebagai karyawan tetap dengan upah UMK.

    Berdirinya tempat pembuangan sampah terpadu TPST 3  sejak 2015 sedangkan mulai dikelola pihak desa melalui BUMDES sejak 2017.

    Dalam per harinya sampah yang berupa sintetis mampu kirim ke pabrik mencapai 2,5 ton untuk dikirim ke salah satu pabrik di Surabaya.

    Bahkan omzet dalam perbulan mampu mencapai puluhan juta rupiah, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Tembokrejo terbukti para warga lebih memilih kerja di tempat pembuangan sampah di banding.

    Ali warga menjelaskan
    “Saya mulanya Seorang nelayan mas lantaran penghasilannya tidak menentu sehingga Saya putar haluan lebih memilih kerja di TPS pasalnya penghasilannya lebih menjanjikan ketimbang bekerja menjadi nelayan yang penghasilannya tidak tetap.
    Secara status ekonomi saya mengalami peningkatan dibanding sebelumnya sehingga mampu membiayai kedua anak saya yang sekolah di SMK,  “ucapnya.

    Sementara Sumarto kades memaparkan “Dengan adanya TPS masyarakat akan sadar dengan kepedulian sampah daripada dibuang di laut lebih baik dikelola untuk membantu kesejahteraan masyarakat karena mampu mengentaskan pengangguran atau meningkatkan taraf ekonomi mereka, “tandasnya.
    By aji

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here