Rumah Baca Sinau Bareng Permainan Tradisional Bentengan

    0
    222

    Bermain permainan tradisional identik dengan kenangan menyenangkan, berkumpul di waktu luang, memanfaatkan benda-benda di sekitar, hingga bersenda gurau dengan sesama. kali ini Rumah Baca Sinau bareng main permainan tradisioal Bentengan, Puk Kerupu’an dan lanjut belajar Mendongeng Minggu (10 Maret 2019)

    Menurut Kak Heri Setyo Budi berpendapat “Beda dengan jaman sekarang dimana anak-anak kecil sudah melupakan permainan tradisional itu, jaman sekarang teknologi lebih berarti dari pada sekedar bermain diluar rumah, bercanda bersama teman-teman seusia dan berbagi strategi dengan teman-teman, anak-anak jaman sekarang lebih cenderung diam, sibuk dengan teknologinya, terasa cuek dengan lingkungan sekitar, ” tegasnya.

    Kak Agung, Kak Yudi , Kak Ani dan kak Nana selalu menyempatkan hadir setiap minggu, kakak pembina sepakat mulai menghidupkan kesenian tradisional sebagai permainan anak-anak yang sudah hilang 20 tahun yang lalu.

    Cara Bermain Benteng / Bentengan :
    Permainan ini dimulai dengan dua kelompok yang masing – masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Selanjutnya masing – masing kelompok memilih tiang atau pilar sebagai “benteng / markas”. Disekitar benteng tersebut terdapat area aman untuk kelompok yang memiliki tiang atau pilar tersebut. Bila berada di area aman, mereka tidak perlu takut terkena lawan.Para anggota kelompok akan berusaha menyentuh lawan dan membuatnya “tertawan / tertangkap”.

    Pemain harus sering kembali dan menyentuh bentengnya karena “penawan” dan yang “tertawan” ditentukan dari waktu terakhir menyentuh “benteng”.  Orang yang paling dekat waktunya menyentuh benteng berhak menjadi “penawan”. Mereka bisa mengejar dan menyentuh anggota lawan untuk menjadikan tawanan.Pemenangnya adalah kelompok yang dapat menyentuh tiang atau pilar lawan dan meneriakan kata “benteng”.

    Perlu diketahui bahwa permainan tradisional bukan hanya soal kesenangan, banyak makna mendalam di balik berbagai permainan tradisional. Permainan-permainan tersebut dapat membantu mengasah emosi untuk saling menolong antar anggota tim (Reporter: Miskawi)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here