PELATIHAN PENINGKATAN SDM: pembekalan Dasar Kepemanduan Guide Lokal

    0
    172

    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
    Kabupaten Banyuwangi mengadakan  pelatihan peningkatan SDM Pembekalan Dasar Teknik Kepemanduan (Guide Lokal) Wilayah Glenmore dan Kalibaru dilaksanakan Tanggal 11-12 Maret 2019 di Aula Kantor PTPN XII Kendenglembu Glenmore.  Peserta sebanyak 60 orang terdiri dari kecamatan Kalibaru 30 orang dan Kec Glenmore sebanyak 30 orang.

    Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) diwakili oleh Sekretaris Bapak CHOLIKUL RIDHO menyampaikan bahwa Glenmore dan Kalibaru bahwa tujuan pelatihan ini dalam rangka membentuk destinasi wisata baru di Glenmore Kalibaru, istilah ini sy sebut GLENBARU. Glenmore dan Kalibaru memiliki banyak Potensi yg harus dieksplore untuk kepentingan wisata mulai dari Wisata Alam, Wisata cagar buda dan sejarah, Wisata kuliner dan banyak lainnya. Guide punya peran penting untuk menyampaikan potensi yg ada, jadi pelatihan dan pembekalan menjadi hal dasar yang harus dibekali.

    Bidang Produk Pariwisata, Bapak ISWANTO, S.Pd menegaskan Pentingnya Guide memahami potensi yg ada disekitarnya mulai potensi Alam, Budaya dan sejarahnya serta pendukung lainnya sehingga Guide bisa menjadi profesional. tutur Bapak Iswanto

    Camat Glenmore Bapak DIDIK SUHARSONO, SE, M.Si berpesan untuk terus menggali potensi yang ada. banyaknya destinasi Wisata yang diangkat akan berdampak positif.

    Pelatihan bagi Guide merupakan langkah untuk menghasilkan pemandu wisata yang profesional dan upaya menyiapkan SDM yang professional sehingga wisatawan yang datang dilayani secara professional Pula.

    Glenmore dan Kalibaru memiliki potensi Sumber Daya arkeologi, Adat Budaya, Peninggalan Sejarah dan keanekaragaman Suku dan Agama serta didukung kemampuan Warga Berbahasa Asing.

    sebagai moderator Bapak DARMANTO (Disbudpar) mampu menggiring peserta untuk mengeksplor potensi yang ada. Pembicara dalam Pelatihan Wartono Salam, Titin Fatima, Miskawi, Sanusi, Aekanu Hariyono, Iswanto, Ainur Rofik, Kismadona Wijaya, Choliqul Ridha, dan Dedy Wahyu Hermawan.

    Menurut AFIF salah satu Peserta pelatihan perwakilan dari Kecamatan Glenmore

    “Pelatihan dan pembekalan ini sangat bermanfaat bagi Kami semua, apalagi daerah Kami punya banyak potensi yang terus dan terus dikembangkan yang pada akhirnya bisa memberi manfaat khususnya buat masyarakat Glenmore dan Kalibaru, “tegasnya.
    (Miskawi)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here