SINAU BARENG MENUMBUHKAN RASA NASIONALISME

    0
    206

    Ada yang berbeda kali ini dengan kegiatan sinau bareng tanggal 14 April 2019. Selain melestarikan permainan-permainan tradisional, ditambah dengan pemberian ESQ dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air (Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan).

    ESQ sangat penting di berikan kepada Anak-anak. ESQ merupakan gabungan dari EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spirutual Quontient). EQ adalah suatu prinsip yang baik dalam manusia mengelola suara hatinya menuju suatu yang bijak, sedangkan SQ merupakan tujuan inti kita bermesra dengan sang Pencipta melalui Shalat atau Doa.

    Dalam mengolah EQ manusia harus menghilangkan prinsip keangkuhan dan egoisme. Oleh karena itu hasil dari ESQ adalah bagaimana kita menjalin hubungan yang baik kepada orang lain.

    Untuk menumbuhkan Cinta tanah Air diawali dengan pemahaman tentang tokoh-tokoh beserta nilai keteladanannya serta sejarah Indonesia dan bendera Merah putih.

    Menurut Pembina Sinau Bareng yang juga sebagai Pengurus Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) serta Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kab Banyuwangi bahwa mereka harus diajarkan tentang nilai-nilai keteladanan.

    “Jangan sampai sejarah hanya mengajarkan tentang sejarah tahun, silsilah dsb, tapi nilai nilai keteladanan itu sangat penting. mereka juga harus diberikan pemahaman tentang bagaimana sejarah ini terbentuk sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air dan nasionalisme, “Pungkasnya.

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang paham tentang sejarahnya. Bangsa yang besar juga harus paham kepada Tokohnya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa dengan Sejarah Bangsanya. (Miskawi).

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here