STUDI WISATA SAMBIL BELAJAR

    0
    258

    Belajar bisa dilakukan dimana saja, begitu yang dilakukan oleh SMPN 1 Genteng Banyuwangi. Study wisata sambil belajar menjadi satu pilihan alternatif untuk menumbuhkan daya tarik dalam proses pembelajaran.

    Siswa mengunjungi museum Blambangan, Pendopo Banyuwangi, Sumur Sritanjung, Bangsring dan GWD . Jumlah siswa yang study wisata berjumlah 300 siswa untuk kelas VII, 27 pendamping yang dilaksanakan pada Selasa, 16 April 2019.

    Menurut Supriyadi, M.Pd Selaku Kepala Sekolah menjelaskan bahwa jangan sampai peserta didik tercerabut dari akar budaya dalam hal ini mereka harus mengerti tentang potensi lokal sebelum memahami daerah lainnnya. “Pembelajaran juga tidak harus melulu di dalam kelas melainkan memanfaatkan lingkungan sebagai laboratorium agar siswa tidak jenuh di dalam kelas. Maka guru harus kreative, inovatif dalam setiap pembelajaran, “Tegasnya.

    Hal senada juga dijelaskan oleh salah satu pendamping bahwa Belajar di luar ruangan kelas sejatinya memberikan pengalaman langsung di lapangan. “Pembelajaran tak sebatas retorika dan teori. Belajar lebih cepat dipahami karena diujicobakan, diperagakan dan dipraktekan, “Pungkas Drs. Sunarto.

    Siswa sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Tim Ahli Cagar Budaya diwakili oleh Titin Fatima, Miskawi, Ilham, Winarso dan Disbudpar Banyuwangi.

    Materi yang diberikan antara lain museum, peninggalan sejarah, cagar budaya dan sejarah dan kearifan lokal. (Miskawi).

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here