BSNP PANTAU UNBK DI BANYUWANGI

    0
    278

    Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang bertugas utama merancang dan melaksanakan UNBK pantau langsung pelaksanaan UNBK online di Banyuwangi Senin (22/04/19).

    Kunjungan pertama dipilih SMP Muhammadiyah Tiga Banyuwangi yang memiliki peserta tunanetra. “Selama 2 tahun ini kami sedang mempersiapkan pos UNBK untuk diffable sebagaimana permintaan Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia) dan beberapa organisasi disabilitas lainnya. Yang mengejutkan justru inisiatif pelaksanaan UNBK online dengan peserta tunanetra ini dari Banyuwangi, padahal kami belum rampung menyiapkan,” ujar Kiki Yuliani, dari BSNP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Apresiasi tersebut disampaikan secara langsung kepada Kepala SMP Muhammadiyah Tiga Banyuwangi, Lukman Hakim, S.Pd. Menurut Lukman, ada 4 faktor utama yang menunjang terlaksananya ujian online tersebut. “Kami bisa mewujudkan rencana ini karena ada 4 faktor, yang pertama pihak kami, sekolah memiliki keinginan, kedua peserta didik diffable yang bersangkutan mampu, ketiga Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi mengijinkan dan keempat ada pihak mitra yang ahli dan mau membantu yaitu Aura Lentera,” kata Lukman.

    Dalam kesempatan tersebut Kiki Yuliani secara detil meminta rincian kendala dan saran dari Aura Lentera. “Kami berterima kasih Pak Windoyo sudah mau membantu dan kami butuh masukan apa saja yang dibutuhkan untuk kami membuat perangkat UNBK bagi Diffable tahun depan,” pinta Kiki.

    Nurhadi Windoyo, Ketua Aura Lentera menjelaskan proses dan software-software yang dibutuhkan dalam pelaksanaan ujian online tersebut. Lebih lanjut Windoyo juga menyatakan kesiapannya mendampingi sekolah inklusi yang membutuhkan. “Kami siap kapanpun jika dibutuhkan, sebab kemajuan sdm diffable membutuhkan sinergi dari berbagai pihak,” ujarnya.

    Selain SMP Muhammadiyah Tiga, Tim BSNP melanjutkan kunjungan ke sekolah terpencil di Banyuwangi dengan misi mendengar usulan dari bawah secara langsung.
    (Indah)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here