FORMULA SATU HADIRI RITUAL FANG SHENG DI SIDOREJO YOSOMULYO GAMBIRAN

    0
    132

    Forum Pemuda Lintas Agama Banyuwangi ( FORMULA SATU ) menghadiri tradisi ritual Fang Sheng dalam rangka menyambut peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 BE/2019 yang di gelar umat Buddha yang ada di Vihara Dhamma Harja Dusun Sidorejo Wetan Desa Yosomulyo, Gambiran. Jumat (17/5/201/9).

    “Tradisi Fang sheng ini sebagai wujud welas asih umat Buddha kepada sesama makhluk hidup,” terang Leo Haryanto Ketua Panitia.

    Tampak Beberapa tong plastik  yang berisi ratusan bibit ikan Lele dan Belut tertata rapi di tepi Sungai siap untuk di tuangkan ke Sungai Pecari.

    Namun Sebelumnya, para umat terlebih dahulu membacakan sutra Fang Sheng. Yakni untuk mendoakan agar makhluk hidup ini terlahir kembali di alam yang lebih baik.

    Pada acara tersebut hadir Pembimas Budha Kemenag Jatim Bapak Satimin, S.Pd., M.Pd. menyampaikan agama Buddha memiliki sebuah ritual atau kegiatan melepas makhluk hidup ke alam liar. Pelepasan makhluk hidup tersebut, dalam ajaran agama Buddha disebut sebagai Fang Shen yang berarti melepaskan makhluk hidup ke habitatnya. Tujuannya, agar hewan-hewan itu dapat merasakan kembali kehidupan alam bebas dan bahagia.

    Setelah ribuan bibit ikan lele dan belut di lepasliarkan umat Buddha membagi takjil kepada warga sekitar sebagai bentuk sikap toleransi kepada umat beragama.

    Sementara itu, Ketua Forum Pemuda Lintas Agama Banyuwangi ( FORMULA SATU ) Banyuwangi Suhariyanto yang diberi kesempatan membagikan takjil, memberikan apresiasi  kegiatan Sosial umat Budha yang saling menghormati dan berbagi kebaikan untuk kerukunan umat beragama.” Kami acungi jempol dan salut pada umat Buddha yang memiliki sikap toleransi yang tinggi kepada umat beragama lain.  Semoga hal ini bisa menjadi tetap terciptanya kedamaian dan mempererat tali persaudaraan antar umat beragama, ” terangnya. (Aguk)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here