PARADIGMA SPORT TOURISM DARI KAMPUS

0
151

SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi olahraga sebagai daya Tarik pariwisata yang berkelanjutan dan berdaya Saing” dilaksanakan pada hari Sabtu, Tanggal : 3 Agustus 2019, Tempat : Gedung B, R 7-9 Universitas PGRI Banyuwangi, Jl. Ikan Tongkol No.22 Banyuwangi.

Sambutan Rektor Universitas PGRI Banyuwangi Dr. Sadi, MM. menjelaskan bahwa UNIBA merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Univ PGRI Banyuwangi akan terus bersinergi dengan Pemerintah dalam menggenjot sector pariwisata untuk dapat dikenal di kancah international.

Oleh karena itu, Pariwisata dan olahraga merupakan dua disiplin ilmu yang dapat dipadukan sehingga memiliki kekuatan dan efek ganda bagi perkembangan olahraga di Indonesia.  “Pariwisata dan olahraga (sport tourism) mendapatkan perhatian dari pemerintahan, industry swasta dan juga pendidikan. Pariwisata olahraga (sport tourism) merupakan paradigma baru dalam pengembangan pariwisata dan olahraga di Indonesia, khususnya di Kab Banyuwangi, “Tegas Sadi selaku Rektor.

Hal Senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Edi Irwanto, M.Pd bahwa Pengembangan pariwisata olahraga memerlukan sumberdaya manusia kususnya mahasiswa dan guru PJOK yang unggul dan handal dalam mendasain kegiatan olahraga sehingga menjadi atraksi wisata yang layak jual karena memiliki nilai-nilai ekonomis.

Oleh karena itu, Hasil yang diharapkan akan dicapai dalam Seminar Nasional ini adalah: “Peserta memahami paradigma baru sport tourism, pandangan dan tantangan Sport Tourism, memodifikasi kegiatan olahraga untuk penguatan daya tarik pariwisata khusus, memahami potensi pariwisata olahraga di Kab Banyuwangi dan memahami potensi olahraga dalam geopark, “tegasnya.

Ikut mewarnai dan sekaligus Narasumber dalam kegiatan seminar nasional, Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd (Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang), Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd (Wadir 1 PPs Universitas Negeri Surakarta), Ir. Januarani Razak (Ketua 1 tim Geopark Nasional Kab Banyuwangi), dan Drs. Ach Yani, M.Pd
(Pembina Prestasi Olahraga Dispora Kabupaten Banyuwangi)

Peserta seminar nasional dari kalangan Dosen, Guru Olahraga dan Mahasiswa dengan jumlah 174 peserta dari unsur Dosen Universitas Islam “45” Bekasi, Dosen dari Universitas Kahuripan Kediri, Dosen dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dosen dari IKIP Budi Utomo Malang, Dosen dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Dosen dari Universitas Widya Gama Malang, Dosen dari Universitas Nusantara Kediri, Dosen FOK Universitas PGRI Banyuwangi, Guru olahraga dari Kab Banyuwangi, Guru olahraga dari Kab Jember, Guru olahraga dari Kab Bondowoso dan Mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi (Miskawi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here