Deklarasi Damai Cakades se Kecamatan Cluring

0
42

BANYUWANGI – Untuk mensukseskan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, seluruh calon kepala desa (Cakades) Se Kecamatan Cluring menggelar deklarasi damai di kantor Kecamatan Cluring, Banyuwangi Senin (9/9/2019).

Setidaknya ada 27 Cakades yang hadir dalam deklarasi damai tersebut. Deklarasi itu, juga diikuti oleh Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Cluring, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Dalam deklarasi itu, para cakades serentak mengucapkan beberapa kalimat secara bersama-sama.

“Kami calon kepala desa peserta Pilkades serentak tahun 2019 sepakat bersama-sama akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara damai, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab demi terselanggaranya Pilkades serentak tahun 2019 secara demokratis yang lebih baik bagi masyarakat, “ucap para cakades.

Camat Cluring, Yoppy Bayu Irawan mengatakan, deklarasi damai Pilkades tingkat Kecamatan Cluring ada setidaknya tujuh desa yang melaksanakan Pilkades serentak. Tujuh Desa itu adalah Plampangrejo, Tampo, Sembulung, Cluring, Benculuk, Sraten, dan Tamanagung. “Seluruh cakades di tujuh Desa itu memang diwajibkan hadir untuk berkumpul bersama,” katanya.

Dalam deklarasi itu, jelas dia, mereka sebagai Cakades akan mematuhi dan melaksanakan terhadap segala peraturan perundang-undang yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019. Mereka juga sepakat untuk menciptakan suasana yang kondusif selama dalam pelaksana Pilkades 2019. “Jadi seluruh cakades harus siap kalah dan siap menang,” cetusnya.

Para cakades, masih kata dia, juga berjanji tidak akan melakukan pelanggaran hukum baik pidana, maupun perdata dalam tahapan Pilkades. Cakades juga akan menerima hasil keputusan panitia sesuai dengan tahapan-tahapan yang dibuat oleh panitia Pilkades. “Deklarasi ini tidak ada unsur paksaan, ini semua dilakukan dengan kesepakatan,” ungkapnya.

Yoppy menambahkan, dengan dilaksanakan deklarasi ini pihaknya berharap seluruh Cakades bisa mengikuti tahapan-tahapan Pilkades serentak 2019 secara tertib. Tidak ada yang melakukan kecurangan maupun tindak pidana. “Semoga siapapun yang terpilih, bisa menjalankan amanah dari masyarakat,” pungkasnya.(Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here