Festival Muharam dengan Pawai Taaruf oleh KKMI se Banyuwangi

    0
    49

    Festival Muharam Kabupaten Banyuwangi diadakan bertepatan dengan tanggal 10 Muharam 1441 Hijriyah dengan Pawai Taaruf yang bertempat di Gesibu Banyuwangi Selasa (10/09/2019)

    Festival Muharam ini didukung oleh Kementerian Kabupaten Banyuwangi khususnya seluruh jajaran KKM MI se Banyuwangi.  Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, jajaran Forpimda Banyuwangi, Kepala Dinas se Banyuwangi, Kepala Kementerian Agama dan seluruh staff, juga anggota KKMI se Banyuwangi, MUI Kabupaten Banyuwangi.

    Sebelum acara dimulai terlebih dahulu diadakan penandatanganan tanpa sampah plastik oleh Wakil Bupati, Kejaksaan, Lanal, dll.  Setelah acara dilanjutkan santunan yatim piatu yang diberikan oleh Wabub kemudian menyaksikan unjuk kebolehan drumb band oleh MI dari Kecamatan Muncar dan dilanjutkan menyaksikan teater dengan tema Cahaya di “Langit Jazirah Arab” dari Kecamatan Blimbingsari yang menceritakan tentang Nabi Muhamad menerima wahyu dari Allah SWT dan menyebarkan Islam di Jazirah Arab dengan segala hambatan dan tantangannya.

    Acara Pembukaan dimulai dengan para peserta berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diteruskan dengan pembacaan ayat suci Al Quran terus dilanjutkan dengan doa.

    Menurut ketua panitia pelaksana “Pawai Taaruf kabupaten Banyuwangi ini sebagai ajang silaturahmi, perekat sesama Islam dan juga sebagai promosi pariwisata religi Banyuwangi, “tuturnya.

    Dalam Pawai Taaruf ini diikuti oleh 50 grup drumband dari murid-murid MI se Banyuwangi dan  4.000 siswa dan guru MI se Kabupaten Banyuwangi.

    Dalam sambutannya  Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan bahwa  Pawai Taaruf ini adalah rangkaian dari Festival Ramadhan yang diadakan oleh Kabupaten Banyuwangi yang dikanjutkan besok Rabu (11/09/19) di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan diadakan Festival Anak Yatim.

    Wakil Bupati memberikan sambutan singkat  saja dikarenakan waktu sudah sore, kemudian peserta  pawai diberangkatkan dengan oleh Wabub dengan finish di depan Kantor Bupati Banyuwangi.

    Para peserta pawai yang terdiri dari murid-murid dan guru-guru MI  berangkat dengan diiringi grup drumband masing-masing kecamatan yang akan berjalan sekitar 3 Kilometer.(AM)

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here