4 TAHUN KAMPOENG BATARA

    0
    96

    Perjalanan kegiatan Kampoeng Batara sudah masuk pada kalender 4 tahun. Tentu bukan perjalanan yang biasa, meski langkah ini tidak termasuk kategori istimewa yang rencananya akan dimeriahkan ulang tahunnya pada 20 Oktober 2019.

    Hanya ada kebahagiaan dan sekaligus kebanggaan tersendiri, saat kami bisa terus melangkah membangun diri, membangun kampung dan saling sinergi bersama alam.

    Tentu saja, hal itu tak lepas dari sahabat-sahabat yang keren, guru-guru yang keren, keluarga yang keren, masyarakat yang keren dan orang-orang yang selama ini menjadi ‘akar’ yang keren.

    4 tahun, masih menjadi ruang berproses. Melangkah untuk terus menata jejak lebih baik dan lebih baik.

    Dalam Ulang Tahun ke- 4 ini, Kampoeng Batara mengambil tema “Hikayat Bambu” sebagai upaya pelestarian budaya, sejarah kampung dan pengembangan ekonomi maayarakat Papring Kalipuro Banyuwangi.

    Dalam ‘Hikayat Bambu’ Kampoeng Batara ini menggelar beberapa kegiatan, seperti :

    1. (Jam : 07.00-09.00)
    PENANAMAN BIBIT BAMBU disepanjang pinggir aliran sungai perbatasan Kampung Papring dan Perhutani KPH Banyuwangi Utara.

    Kegiatan penanaman bibit bambu dilaksanakan oleh dan untuk masyarakat Papring, sekaligus menjadi bagian dari upaya konservasi alam.

    2. (Jam : 13.00-14.00)
    PARADE EGRANG BAMBU dengan peserta anak-anak Kampoeng Batara, Karang Taruna, Pelajar, Mahasiswa dan Umum.

    Untuk lokasi Parade Egrang Bambu dimulai dari jalan utama Papring hingga finish di Kampoeng Batara.

    3. (Jam : 14.00-16.00)
    GELAR KERAJINAN BAMBU menjadi bagian paling vital dalam peningkatan perekonomian masyarakat Papring. Sehingga, perlunya memperkenalkan sekaligus ada praktek langsung bagaimana membuat kerajinan berbahan utama bambu ini. Karena dalam setiap membuat kerajinan, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, dengan istilah-istilah berbeda.

    Gelar Kerajinan Bambu dilakukan oleh masyarakat Papring sendiri, dan bisa diikuti oleh siapa saja. Setiap tahapan akan dipandu langsung oleh pengrajin sendiri.

    4. (Jam : 19.00-22.00)
    KENDURI SENI & BUDAYA menjadi kegiatan penutup perjalanan 4 Tahun Kampoeng Batara. Dalam kegiatan ini, beberapa seniman cilik dan dewasa akan mewarnai malam puncak ‘Hikayat Bambu’ dengan panggung yang seluruhnya dari bambu.

    Dan masih banyak lagi yang bisa dikulik. Mulai dari kuliner, permainan tradisional, kerajinan, musik tradisional, dll

    Terima kasih dan Salam Sejahtera…(Widi)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here