Ribuan Orang Antar Kepergian Habib Hasyim.

0
6161

Ribuan orang yang datang dari Banyuwangi dan luar Kabupaten Banyuwangi, Sabtu, 1 Februari 2020 memadati masjid Al Hadi, Lateng Banyuwangi.

Jama’ah meluber sampai ke luar masjid bahkan sampai dijalan depan masjid Al Hadi yang ditutup satu jalur ini. Suasana haru tampak dari raut muka jama’ah yang hadir untuk mengantar kepergian Habib Hasyim Kamal bin Abdullah Assegaf. Habib Hasyim dikabarkan meninggal dunia pada hari Jum’at, 31 Januari 2020 di RS. Yasmin Banyuwangi pada jam 22.45 WIB.
Kabar meninggalnya Habib yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tarimul Ghanna’ Bulusan ini sontak membuat terkejut dan tidak percaya masyarakat pasalnya beberapa jam sebelum wafat, Habib Hasyim yang alumni PonPes Salafiyah Safi’iyah Sukorejo dan Rubat Tarim Hadramaut Yaman ini masih memberikan ceramah pada peringatan haul gurunya Habib Salim Asysyatiri di pesantren Habib Sholeh bin Jindan Bulusan Banyuwangi.

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah pada rangkaian sholat jenazah yang dilakukan setelah sholat Dhuhur di Masjid Al Hadi, Habib Jawwad bin Abdullah Assegaf menyampaikan permohonan maaf atas semua salah dan khilaf yang dilakukan baik sengaja atau tidak oleh kakaknya, Habib Hasyim.

“Saya atas nama keluarga besar, mohon maaf apabila semasa hidupnya kakak saya Habib Hasyim punya salah baik yang disengaja ataupun tidak”, ungkap Habib Jawwad.

Tampak hadir dalam proses pemakaman Habib Hasyim para Habaib dan Kyai dari Banyuwangi dan luar Kabupaten Banyuwangi diantaranya Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf, Habib Abdurrahman Ba’agil Probolinggo serta para muhibbin atau pecinta beliau. Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf Pasuruan yang juga hadir dan menjadi imam sholat jenazah berpesan pada yang hadir agar selalu berbuat baik.

“Cintai apa yang kamu cintai, namun ingat kalian pasti akan berpisah dengan yang kamu cintai”, kata Habib Taufiq. Habib

Taufiq juga berdo’a, semoga almarhum Habib Hasyim ditempatkan di surga Allah bersama para Da’i illallah dan datuknya Nabi Muhammad SAW.

Setelah disholatkan, jenazah Habib Hasyim yang dikenal sebagai pendakwah yang tegas dan lugas ini dibawa untuk dimakamkan di area pemakaman arab Lateng Banyuwangi diiringi kalimat tasbih, tahmid dan tahlil serta isak tangis para jama’ah pecinta beliau. (Abe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here