JUMAT CERDAS SMPN 3 ROGOJAMPI DIISI PENYULUHAN PIK-R & VIRUS CORONA

    0
    167

    Merebaknya virus corona yang viral dijadikan tema Jumat Cerdas (14/2/20) di SMPN 3 Rogojampi. Di saat dialog, sudah banyak yang mengenal namun banyak juga yang tanya,misal benarkah masker bisa mencegah,apakah bisa menular lewat hp serta lewat binatang apa pencetusnya hingga bagaimana pencegahannya.

    Narasumber yang hadir adalah teman sebaya yakni Siti Atminah dari Pramuka Saka Bhakti Husada dan Desika Ulfa aktivis promotor UKS Stikes & Relawan Forum Banyuwangi Sehat. Keduanya difasilitasi Perkumpulan Komunitas Gotong Royong’45.

    Sambil memberi contoh penggunaan masker yang standart, Desika membenarkan ikhtiar penggunaan masker bisa mencegah virus.

    “Serta mau berjemur di pagi hari dan daya tahan tubuh yang fit bisa cegah dan sembuhkan, “tutur Desika.

    Ditambahkan oleh Atminah, “Membudayakan dan laksanakan PHBS di rumah dan sekolah amat dianjurkan untuk lindungi diri dan lingkungan, ” jelas mahasiswi Stikom yang skripsinya tentang aplikasi responden UKS di 3 sekolah.

    Sebelumnya, Jumat cerdas diawali dengan baca Asmaul Husna, Juz Amma dan doa dipimpin Guru BK Drs. Wagiman. Lanjut gerakan Siswa Asuh Sebaya yang melibatkan Ketua Kelas dan Wakasek Kesiswaan M. Fahris, S.Pd. Materi penyuluhan sebelum narasumber tamu, tampil pengurus PIK-R Rajawali Sempega Jaya binaan DPPKB, Affan dan Rio, yang sampaikan materi tentang romantika remaja yang dipengaruhi kasih sayang orangtua,  dan pengaruh lingkungan jati diri remaja itu untuk menjadi generasi yang baik dan positif tatap masa depan. “Katakan tidak pada narkoba, rokok, sex bebas dan kenakalan, ” ajak Rio yang juga aktif di paspraga.

    Disambung Affan yang aktif di OSIS,”Salam Genre!” Kepala sekolah Hj. Rika Wulandari, M.Pd dalam sambutannya ajak semua peserta didik berbudi luhur, disiplin, perilaku bersih dan sehat, bervisi ke depan.

    “Kalian adalah sinar harapan orangtua dan bangsa.  Ayob berprilaku cerdas dan berakhlaq mulia. Hindarkan bersikap memalukan yang miris, kekerasan dan perbuatan di luar batas etika dan ketertiban umum, sekali lagi, ayo kalian adalah sinar kehidupan, jadilah pencerah lingkungan buat keluarga dan bangsa, ” tegasnya yang disambut tepuk tangan dan yel-yel semangat dan kekompakan.(Bung Aguk & Yeti Chotimah).

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here