PASAR JAJANAN TRADISIONAL OLEHSARI GLAGAH “KULINER BENGI LUNGGUH LAN NGOPI” MASIH EKSIS HINGGA KINI

    0
    122

    Banyuwangi dikenal dengan ciri khas kulinernya di seantero nusantara, sehingga jangan heran banyak sentra-sentra kuliner bermunculan di kabupaten Sun Rise of Java ini. Salah satunya adalah pasar jajanan tradisional Olehsari Glagah atau terkenal dengan Kuliner  Bengi Lungguh lan Ngopi ini berada kurang lebih 10 km dari pusat kota ke arah barat. Tepatnya di depan Balai Desa Olehsari masuk ke jalan kecil arah utara.

    Menurut Kepada Dusun Krajan P. Sunar sebelum ada sentra kuliner Olehsari ini, ada pasar reboan.

    “Dulu disini ada pasar reboan mas yang menjual pakaian dan masih ada sampai saat ini walau cuman tinggal satu pedagang, “kata Sunar.

    Sentra jajanan tradisional Olehsari merupakan salah satu wisata kuliner yang mendukung agenda Banyuwangi Festival, dihelat setiap hari Sabtu dan dibuka mulai sore hingga jam 10 malam ini menjadi kegiatan usaha mikro kecil yang sangat diminati pengunjung baik dari warga lokal maupun luar kota dan sentra kuliner tradisional mingguan ini hingga kini masih tetap bertahan dan eksis.

    “Jajanan Olehsari ini masih bertahan dibandingkan yang lainnya, “ucap Irul salah satu warga Olehsari yang dijumpai jurnalis.

    Memang dari pantauan jurnalis lensabanyuwangi.com Sabtu (22/02/2020), selepas waktu maghrib sentra kuliner tradisional yang terletak disisi barat dan timur dari masjid besar Olehsari tersebut telah ramai dan dipadati pengunjung. Walau diselimuti dengan cuaca gerimis tidak menyurutkan animo masyarakat untuk mengunjungi dan menikmati sajian aneka makanan dan minuman khas warga Olehsari.

    Kadus P. Sunar mengatakan bahwa kegiatan pasar tradisional ini telah berjalan 2 tahun.

    “April ini kalo tidak salah sudah berjalan dua tahun, “jelas Sunar.

    Berdasarkan pengamatan dilapangan ada lebih 40 stand kuliner malam itu, yang menjajakan dagangannya. Masing-masing stand berderet rapi disepanjang tepi jalan paving dan aspal dusun dengan aneka jajanan yang dijual kisaran harga 1.000 hingga 5.000 rupiah, juga berbagai makanan khasnya yang dijual berkisar Rp 10.000,00.

    Kemudian dalam kesempatan itu jurnalis dan tim lensabanyuwangi.com menyempatkan diri mencicipi dan menikmati salah satu sajian kuliner Olehsari. (Pras)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here