Musyawarah Masyarakat Desa ( MMD) Bahas Hasil Survei Desa Kalibaru Wetan

    0
    198

    Pemerintah Desa Kalibaruwetan bersama UPT Puskesmas Kalibaru mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), pada hari Senin 24/2/2020.

    Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor desa Kalibaruwetan ini di hadiri oleh Kepala Desa Kalibaruwetan, Tim Kesehatan Puskesmas Kalibaru, perwakilan tokoh masyarakat dari masing – masing dusun dan kader kesehatan ini membahas mengenai hasil Survei Mawas Diri (SMD).

    Berdasarkan hasil survei yang telah dilaksanakn ada beberapa poin yang menjadi pembahasan MMD ini, diantaranya Bahaya Merokok, Jamban sehat dan Pemberian ASI Eksklusif.

    Menurut M. Taufik selaku Kepala Desa Kalibaruwetan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membahas masalah-masalah kesehatan yang ada di masyarakat, khususnya Kalibaruwetan.

    “ Saya berharap dengan diadakannya Musyawarah Masyarakat Desa, Masyarakat Kalibaruwetan lebih sadar pentingnya kesehatan, ”harap Taufik.

    Sementara itu, Wilda Ilmi Hasanah, tim Kesehatan dari Puskesmas mengatakan selain perilaku merokok di dalam rumah yang dapat membahayakan kesehatan semua anggota keluarga di rumah tersebut, jamban sehat juga sangat penting. Jamban sehat adalah jamban yang memiliki septic tank dalam arti aliran dari jamban tidak ke sungai melainkan masuk ke septic tank. Dan jarak antara septic tank dan sumber air bersih lebih kurang 12 meter. Kemudian untuk ibu-ibu yang memiliki bayi, supaya lebih mengutaman pemberikan ASI Eksklusif.

    “Karena ASI Eksklusif sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak, ”jelas Wilda yang juga merupakan bidan wilayah Kalibaruwetan.

    Selain mendengarkan penjelasan tim kesehatan puskesmas tentang materi- materi pembahasan hasil survei, audiens atau peserta Musyawarah Masyarakat Desa juga diberi kesempatan bertanya terkait masalah kesehatan pada sesi tanya jawab. Setelah sesi Tanya jawab, acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini berakhir pada jam 10.45 WIB. (Abe)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here