Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP Tahun 2020

    0
    907

    Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi melalui MGMP Seni Budaya SMP menyelenggarakan agenda rutin tahunan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP Tahun 2020.

    Kegiatan ini bertujuan memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik Sekolah Menengah dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

    Pembukaan acara FLSSN yang diikuti oleh seluruh sekolah peserta SMPN dan SMP swasta se Banyuwangi itu melalui video conference dipusatkan di ruang meeting gedung Ijen SMPN 1 Banyuwangi.

    Ketua MGMP Seni Budaya SMP selaku ketua panitia penyelenggara menyatakan “Melalui FLS2N ini sebagai sarana menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berkarakter pada budaya bangsa, “kata Syaiful.

    Lebih lanjut katanya Juga menumbuhkembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sejak dini, yang merupakan bagian dari pendidikan karakter serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi. Adapun Juri yang ditunjuk yaitu dari guru-guru SD, SMA dan SMK wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan kualifikasi di bidangnya masing-masing.

    Puncak perhelatan FLS2N (festival dan lomba seni siswa) Kabupaten Banyuwangi ditengah pandemi korona, seleksinya dilakukan dengan sistem daring Perhelatan Kompetisi FLS2N tak berjalan sebagaimana direncanakan semula, dengan tetap berpedoman pada juklak dan juknis yang ditetapkan kemendikbud meski mengubah beberapa bagian menyesuaikan dengan sistem dalam jaringan (daring) .

    Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLSSN) seleksi tingkat kabupaten Banyuwangi selasa, 11 Agustus 2020 diselenggarakan di SMPN 1 Banyuwangi.
    Adapun macam lomba secara daring adalah Menyanyi Solo, Gitar Duet, Kreativitas Tari dan Kreativitas Musik Tradisi , sementara desain poster dilaksanakan secara luring dengan menghadirkan peserta di SMPN 1 Banyuwangi.

    Hasil Seleksi FLS2N SMP 2020 Kab.Banyuwangi sebagai berikut :

    *NYANYI SOLO*
    _Juara 1 : SMPN 1 BANYUWANGI
    _Juara 2_ : SMPN 1 ROGOJAMPI
    __Juara 3_ : SMPN 1 GENTENG

    *_GITAR DUET_*
    _Juara 1_ : SMP KRISTEN ALETHEIA
    _Juara 2._: SMPN 3 BANYUWANGI
    _Juara 3._: SMPN 1 LICIN

    *DESAIN POSTER*
    _Juara 1_: SMPN 2 MUNCAR
    _Juara 2_: SMPN 1 CLURING
    _Juara 3_: SMPN 2 SRONO

    *MUSIK TRADISI*
    _Juara 1_: SMPN 2 MUNCAR
    _Juara 2_: SMPN 1 GLAGAH

    *KREATIFITAS TARI*
    _Juara 1 :_ SMPN 2 SRONO
    _Juara 2 :_ SMPN 2 MUNCAR
    _Juara 3 :_ SMPN 1 GLAGAH

    Sementara Menurut Marhen , sesepuh MGMP seni budaya SMP yang juga Kepala SMPN 4 Muncar.

    Seleksi FLSSN menjadi sangat penting di sekolah-sekolah dengan pembinaan berkesinambungan mata pelajaran kesenian untuk melatih otak kanan agar kemampuannya seimbang dengan otak kiri dalam kemajuan dunia pendidikan di Banyuwangi. Selamat berkompetisi semoga diperoleh juara-juara yang terbaik diantara yang baik dan nantinya mampu menjuarai ke tingkat Provinsi Jawa Timur, “jlentreh Marhen.(Ilham Triadi)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here