Kreatifitas Warga di Banyuwangi Bikin Wisata dan Edukasi di Perumahan.

    0
    296

    Warga Puri Brawijaya Permai RT 05/04 Kel. kebalenan Banyuwangi memanfaatkan lahan kosong dan juga lahan terbatas di depan rumah untuk kepentingan bersama dengan menanam aneka macam sayuran di polybag

    Ide tersebut bermula saat beberapa warga berkumpul dan ngopi bareng agar lebih akrab dan saling peduli, akhirnya tercetus ide pemanfaatan pekarangan dengan menanam sayuran di polybag di depan rumah masing-masing. Ide ini di inisiasi oleh Kang Sugiarto seorang relawan dari Komunitas Koppiwangi.

    Tidak hanya itu, warga pun berharap menjadikan satu RT sebagai wilayah wisata dan edukasi Latar Kita Sayur Mayur, selain bisa untuk konsumsi warga juga bisa di jual ke masyarakat luar.

    Saat ini sudah ada 30 warga yang ikut dan aktif untuk menanam sayuran di pekarangan rumah. Warga bergotong royong mulai proses pengumpulan kompos sampai mengisi kompos di polybag sampai penyemian.

    Saat dikonfirmasi, Kang Sugiarto menyampaikan bahwa sejak bulan Juli 2020 hingga saat ini sudah ada 760 tanaman dalam polybag di pekarangan dan juga lahan kosong punya warga.

    ” Untuk saat ini kita mengunakan kotoran ayam yang kita beli dari juragan ayam bapak Abdul Majid yang kebetulan warga sini juga, ” tuturnya.

    Sambutan dari masyarakat ternyata sangat luar biasa. Banyak masyarakat yang membeli sayuran dalam polybag yang rata rata mengetahui dari media sosial. Sedangkan jenis jenis tanaman yang tersedia saat ini ada daun mint, stroberi, terong, tomat, cabe, kates, Bawang merah, Bawang putih, bawang pre n juga pepaya Kalifornia rata rata laku mulai harga 10 ribu sampai 25 rb per polybag.

    Sistem penjualan menggunakan satu pintu yaitu melalui Kang Sugiarto dan hasilnya dibelikan lagi Bibit, pupuk, tanah, polybag dan selain itu hasilnya juga untuk kesejahteraan masyarakat dan buat santunan anak yatim pada bulan Desember 2020 nanti.

    Tanggapan warga atas adanya kegiatan ini menyampaikan bahwa sangat membantu. Warga tidak usah bingung saat membutuhkan sayuran ato cabe. Tinggal ambil di pekarangan rumah sendiri.

    ” Ya hitung hitung untuk program ketahanan pangan untuk keluarga,, untuk anak anak sendiri banyak yang suka dengan kegiatan ini terbukti mereka juga ikut membantu dan juga mencatat apa saja yang di taman dan juga membantu menyirami, ” demikian ucap salah satu warga.

    ” Saya berharap kawasan dan lingkungan rumah warga bisa menjadi Dinasti wisata dan edukasi Latar Kita khususnya bagi anak anak perumahan dan juga warga, ” kata Sugiarto yang juga memiliki Rumah Baca Pintar Kita sekaligus pemilik Kedai Batok.

    Selama berjalannya Taman Wisata dan Edukasi Latar Kita ini telah menarik perhatian beberapa pejabat dilingkungan Pemkab Banyuwangi. Beberapa pejabat telah datang berkunjung sekaligus memberikan support diantaranya Lurah Kebalenan, Camat Banyuwangi dan juga dari Dinas Pendapatan. Dan yang baru saja berkunjung adalah Ibu Ipuk Fiestiandani Azwar Anas selaku Ketua TP PKK kabupaten Banyuwangi. Kedatangan Ibu Ipuk pada hari Kamis tanggal 17 September 2020 itu selain memberikan support juga sekaligus meresmikan Taman Wisata dan Edukasi Latar Kita serta Rumah Baca Pintar Kita. Ibu Ipuk dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini serta berharap dapat lebih berkembang dan lebih bermanfaat bagi ketahan keluarga warga, apalagi di masa pandemi ini. Selaku Ketua TP PKK ibu Ipuk juga mengucapkan terimakasih kepada warga yang berperan aktif dalam menjalankan salah satu program pokok PKK yaitu pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.- (Mujiono)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here