JENANG SAPAR, NASI KEBULI, IFTHOR SHOUM SENIN – KAMIS DI MT MAS AGUNG WILIS BALI

    0
    114

    Memasuki bulan syofar/ bagi umat muslim yang berdomisili di daerah perantauan khususnya Bali, merupakan suatu kebahagiaan tersendiri.

    Jika di daerah asal bisa dengan leluasa memperingati dan melaksanakan ritual budaya islami tanpa banyak hambatan. Sehingga kesan dan hikmahnya terus bisa dirasakan tiap waktu.

    Berbeda dengan apa yang baru saja dilakukan bersama oleh Sekelompok wali santri yang menamakan Majelisnya Mas Agung Wilis, mengambil nama pejuang dari Blambangan/ Banyuwangi. Setelah mengadakan Istigotsah di bulan Muharram, maka di bulan Syofar ini telah dilaksanakan buka puasa Sunah Senin-Kamis, dengan mendapatkan ifthor berupa takjil bubur / jenang sapar, kue2 dan nasi kebuli.

    Moh. Pratama/ Syahro sebagai ketua nya menjelaskan, masa prihatin ini lebih banyak mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa dengan berpuasa Senin dan Kamis, juga berdoa tahlil dan istigosah untuk Keselamatan bersama.

    Keadaan para perantau di Bali yang mana anggotanya kebanyakan dari Banyuwangi, bermata pencaharian buruh bangunan, buruh sawah, pedagang bakso, pekerja villa, sangat minim dan terdampak masalah ekonomi.

    Keluarga perantau ini lebih bisa terbuka dan saling berbagi cerita bahkan rejeki ,meski hanya dengan acara sederhana buka puasa, sholat jamaah, doa tahlil istigosah. Seluruh anggota datang dengan membawa keluarganya berkumpul ditempat mengaji para santri/ Kampung Santri Bali di daerah Jl. Sahadewa Munggu – By Pass Tanah Lot Badung Bali.

    Dengan tradisi jenang sapar dan nasi kebuli, serta jajanan pasar yang dinikmati bersama ifthor dari Rumah Peduli Anissa Denpasar, yang selama ini membantu siapapun yang membutuhkan untuk sedekah buka puasa, merupakan jembatan silaturahmi bagi umat khusus perantau Muslim di Bali.

    Salah seorang santri Affan, bertanya apakah buka puasa Senin -Kamis ini Istiqomah? Dijawab dengan kata Insya Alloh oleh ibunya yang asli Situbondo.

    Dengan Sholawat,  lham Santri menutup kegiatan buka puasa MT Mas Agung Wilis Kamis malam Jumat, 24 September 2020 di Munggu Badung Bali. ( Ambarwati Soenarko).

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here