Bupati Anas melantik kepengurusan Dewan Kesenian Blambangan (DKB) periode 2018-2023

    0
    81

    Diawali dengan santunan anak yatim dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar , MSi melantik pengurus Dewan Kesenian Blambangan (DKB) periode 2018-2023 di Pendopo Sabha Swagata, Rabu (14/10/2020).

    Hasan Basri ditetapkan sebagai Ketua DKB yang baru melalui Musdalub pada 24 September 2020 lalu setelah Dr. Taufik Hidayat mengundurkan diri beberapa pekan sebelumnya. ” Selama ini kemajuan yang dicapai oleh Banyuwangi tidak lepas dari peran seniman dan budayawan yang aktif merawat dan melestarikan kesenian dan budaya lokal “.

    “Kami berterima kasih kepada seniman dan budayawan yang terus aktif berkesenian dan melestarikan budaya tanpa mengenal lelah. Sehingga kesenian Banyuwangi saat ini semakin eksis dan dikenal khalayak luas. Seni budaya Banyuwangi telah menjadi bagian penting dari pariwisata Banyuwangi,” ujar Anas.

    Bupati Anas juga berharap agar seni dan budaya menjadi instrumen pendorong persatuan dan kekompakan segenap elemen daerah. Selain itu, seni dan budaya daerah juga diharapkan menjadi instrumen yang melambungkan nama Banyuwangi di kancah Internasional. Semoga kedepan peran ini akan terus terjaga melalui seniman dan budayawan di dalam wadah DKB yang baru dilantik ini. Hal ini disampaikan Anas saat melantik pengurus Dewan Kesenian Blambangan (DKB) periode 2018-2023 di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.Bupati Anas melihat komposisi pengurus DKB ini mencerminkan kompetensi yang bisa diandalkan untuk langsung tancap gas menjalankan semua program khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Susunan kepengurusan Dewan Kesenian Blambangan, Banyuwangi, hasil Musdalub DKB September lalu. Hasan Basri beserta jajarannya, tak kurang hampir 70 orang dilantik Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

    Sementara Ketua DKB Hasan Basri mengatakan pelantikan ini sangat ditunggu selama dua tahun, akan jadi momentum bahwa kedepan visi DKB tidak lain adalah siap mendukung visi pemerintah. Seniman dan budayawan Banyuwangi siap untuk terus berkiprah memajukan kesenian, budaya lokal untuk terus mendukung pembangunan daerah.
    Menurut Hasan , Dalam berbagai kesempatan Bupati Banyuwangi menyampaikan bahwa seni dan budaya adalah DNA Banyuwangi. Oleh karena itu Pemkab Banyuwangi selama ini telah memberikan ruang yang sangat luas bagi seniman dan budayawan untuk terus berinovasi.
    Selama ini seni dan budaya mendapatkan tempat yang istimewa dalam pembangunan daerah.

    “Tidak bisa dipungkiri seni dan budaya tradisi lokal memiliki nilai penting. Maka kami akan bekerja keras untuk mengawal seni tradisi untuk terus eksis ,” ujar Hasan DKB akan terus berupaya membuat kesenian akan mewarnai kebudayaan agar terus eksis dan berkembang.

    “Tugas kami untuk membuat seni dan budaya derah semakin maju dan berkembang. Kami akan terus berkonsolidasi dengan segenap stakeholder untuk mewujudkan hal tersebut,” pungkas Hasan.(Ilham Triadi)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here