BKPRMI MENGADAKAN MUNAQOSAH & TILAWATI BAGI GURU AL- QURAN.

    0
    135

    Keberadaan guru ngaji Al Qur’an sangat diperlukan dalam mengajarkan dan membumikan Al- Qur’an. Maka untuk meningkatkan kualitas guru ngaji Al -Qur’an tersebut DPD BKPRMI Kabupaten Banyuwangi melalui sinergi LPPTKA dan LPPSDM mengadakan Munaqosah dan Pelatihan Guru Al Qur’an dengan tema Metode Cara Mudah serta Praktis Terjemah Al Qur’an dan Tilawati.

    Peserta pelatihan adalah Ustadz dan Ustadzah TPA atau TPQ dibawah naungan BKPRMI se-Kabupaten Banyuwangi. Bertempat di Ballroom Hotel Kokoon Dadapan tanggal 17 – 18 Oktober 2020.

    Menurut ketua Panitia Ustadzah Siti Ruqoiyah pelatihan ini bertujuan agar para peserta dapat memahami cara mudah dan praktis terjemah Al -Qur’an dan metode belajar Tilawati.

    “Kita berharap metode ini dapat membantu para ustadz dan ustadzah dalam mengajarkan Al Qur’an di masing-masing TPA / TPQ nya, ” ujarnya.

    Selain dihadiri oleh jajaran pengurus DPD BKPRMI Kabupaten Banyuwangi, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Banyuwangi, Kepala Kemenag Banyuwangi, anggota DPRD Banyuwangi, Ketua DPW BKPRMI Jawa Timur, beberapa Kepala SKPD dan beberapa tamu undangan lainnya.

    Dalam sambutannya Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas sangat mengapresiasi kerja keras dan ikhlas para guru ngaji dalam mengajarkan Al Qur’an.

    “ Terima kasih kepada para guru ngaji yang telah ikut menyebarkan dan membumikan kebaikan Al Qur’an serta kebahagiaan, “ ujar Anas. Selain itu Bupati tetap mengingatkan para guru ngaji dan seluruh peserta yang hadir untuk selalu memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan untuk gerakan antisipasi penularan virus Covid-19.

    Ketua DPW BKPRMI Jawa Timur yakni H.M Arif dalam sambutannya menyampaikan berharap kegiatan pelatihan seperti ini tidak berhenti sampai disini saja. Tetapi bisa dilakukan secara kontinyu demi meningkatkan kapasitas guru ngaji. DPW juga sangat mengapresiasi dukungan serta support Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh BKPRMI.

    Ustadz Achmad Sururudin, SE. selaku Ketua DPD BKPRMI Banyuwangi mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Banyuwangi dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi serta seluruh pihak instansi terkait dalam mensukseskan kegiatan BKPRMI selama ini serta titip kegiatan berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan pengajar mukjizat Rasullullah SAW. Sementara itu seorang peserta Ustadzah Erna selaku guru ngaji di TPQ Al Hafidzh Sobo menyampaikan kesannya yang mendalam terhadap pelatihan yang sering diadakan oleh BKPMRI. Menurut ustadzah Erna “Semua kegiatan sangat bermanfaat bagi ustadzh ustadzah karena semakin banyak seorang mengikuti kegiatan pelatihan, maka pengalaman dan wawasannya akan semakin luas. Selain itu, waktu pelatihan hendaknya lebih panjang, sehingga pendalaman dari sebuah ilmu baru akan lebih mantap lagi. Setiap metode membaca Al Qur’an selalu mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan. Dari metode yg dilatihkan kali ini, yakni metode tilawati, baik cara mengajar sampai duduknya santri serta kapasitas dalam kelompok, diatur secara detail, ” Kata Ustadzah Erna sambil menutup percakapan dengan harapan, kedepan pelatihan ini dapat memberikan ruang lebih efektif dan fleksibel dengan mengutamakan pembelajaran mengaji berbasis kebutuhan dan perbedaan individual peserta didik. ( Mujiono/ Ag )

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here