SOSIALISASI DAN PELATIHAN LAPOR BENCANA LEWAT MEDSOS

    0
    72

    Guna mengantisipasi terjadinya informasi yang tidak benar juga mencegah kesimpangsiuran sumber berita mengenai bencana alam, semisal gempa bumi atau bencana lain di wilayah Kabupaten Banyuwangi maka,Yayasan petaBencana.id bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Banyuwangi menginisiasi peta informasi gempa bumi real time dengan metode urun daya melalui media sosial. Inisiasi ini merupakan bagian dari program kesiapsiagaan gempa bumi Indonesia yang bertujuan membangun kapasitas masyarakat terhadap dan dilaksanakan di dua wilayah yaitu Banyuwangi (Jawa Timur) dan wilayah Sukabumi (Jawa Barat). Bertempat di aula Markas PMI kabupaten Banyuwangi, selama 2 hari mulai tanggal 17 dan 18 November 2020, terbagi 2 sesi dimana acara sosialisasi dan pelatihan lapor bencana gempa bumi via medsos yang dihadiri beberapa elemen masyarakat, mulai pelajar, mahasiswa, berbagai media cetak dan online, radio komunitas, organisasi kebencanaan lokal dan juga relawan tanggap bencana dalam naungan PMI Banyuwangi.

    Acara ini dipandu oleh mas Aditya, yang juga sebagai koordinator peta Bencana.id pusat lewat aplikasi zoom. Acara di buka oleh Drs. Sutiyono sebagai salah satu staf PMI Banyuwangi. Dalam sambutannya beliau secara singkat mengatakan jika maksud dan tujuan diadakan acara pelatihan ini agar mampu meningkatkan kapasitas markas PMI dalam bahu membahu tanggap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Disamping itu untuk selalu konsentrasi dan konsisten dalam memahami setiap laporan peta bencana di wilayah Indonesia pada pada umumnya yang memang memiliki jejak rekam bencana alam karena letak geografis yang sangat potensial menimbulkan dampak kerusakan yang masif.

    Disamping itu pelatihan dan sosialisasi ini sekaligus mempertegas penggunaan media sosial secara bijak mengenai informasi bencana alam melalui website atau pun link yang resmi pemerintah. Juga merupakan peluncuran pengenalan sistem laporan tersebut kepada warga Banyuwangi khususnya. Peta Bencana.id itu sendiri adalah sebuah platform berbasis web yang menyediakan informasi bencana secara _real time_ (waktu nyata). Informasi real time tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber serta divalidasi oleh pemerintah yang kemudian di visualisasikan ke dalam platform petaBencana.id.

    Saat ini peta Bencana.id dapat dioperasikan untuk menampilkan bencana banjir diseluruh wilayah Indonesia dan dalam tahap pengembangan untuk dapat mengakomodasi bencana lain, yaitu gempa bumi, gunung api, angin kencang, kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap. Acara pelatihan ini berlangsung sangat fokus dan sangat baik, karena peserta yang memang sangat terbatas yang bertujuan agar hasil nya maksimal, dimana peserta yang yang sudah ikut dan praktek langsung satu persatu lewat gadget masing masing bisa menginformasikan kepada minimal keluarga kita sendiri , kolega dan kepada khalayak. Seperti umumnya penduduk Indonesia, warga Banyuwangi juga tidak asing dengan gempa bumi, sehingga sistem petaBencana.id diharapkan bisa meningkatkan efisiensi respon dan pengurangan resiko bencana. Sebagai tambahan warga bisa mengirimkan laporan bencana via media sosial dengan men-twit @petabencana, facebook :@petaBencana, telegram ;@bencanabot. Leo prada

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here