Slamet Menur Seniman Senior Penata Tari Banyuwangi

0
110

Silaturahmi ke tokoh seniman dan budayawan tari senior Banyuwangi Slamet Abdul Razad  atau panggilannya Slamet Menur di kediamannya Dusun Pancoran Sawah Kelurahan Banjarsari Kecamatan Glagah Banyuwangi Jumat (01/01/2021)

Slamet Menur adalah seorang Seniman Budayawan yang sekarang ini masih sehat yang mulai berkiprah sejak tahun 1960. Karya Slamet Menur diantaranya Tari Jaring Kambang, Tanduk Majeng, Perawan Sunti, Tari Tani, Nandur Jagung, Seduluran, Padang Bulan, Jaran Goyang itu tayhun di bawah 1970. Dan tarian di atas tahun 1970 an yaitu Cengkir Gading, Nebar Jolo, Layangan Pedot, Don Adone Sumping, Semerewing, Ndares Karet, dan lain-lain.

Menurutnya tari-tarian yang diciptakannya selama ini memang tidak dicantumkan namanya (masih anonim) sehingga masyarakat Banyuwangi tidak tahu-menahu asal-usul pembuat penari tersebut.  Bahkan dalam penjelasannya tari tentang Jaran Goyang yang dia ciptakan untuk memberikan penjelasan kepada seluruh Indonesia atau dunia yang namanya santet itu bukan untuk membunuh orang, kalau untuk membunuh orang itu namanya sihir bukan santet, kalau santet berdasarkan tarian Jaran Goyang itu bahwa santet adalah ilmu yang digunakan oleh seseorang agar jatuh cinta atau mencintai seseorang dalam bahasanya adalah sama dengsn ilmu pelet.

“Tarian Jaran Goyang Saya ciptakan untuk memberikan penjelasan kepada seluruh Indonesia atau dunia yang namanya santet itu bukan untuk membunuh orang, kalau untuk membunuh orang itu namanya sihir bukan santet, kalau santet berdasarkan tarian Jaran Goyang itu santet adalah ilmu yang digunakan oleh seseorang agar jatuh cinta atau mencintai seseorang dalam bahasanya adalah sama dengan ilmu pelet, “kata Slamet Menur.

Dia menambahkan saat ini sudah mengumpulkan lagu-lagu Banyuwangi ada sekitar 300 lagu.  Dalam beberapa Minggu ke depan di bulan Januari 2021 ini akan diadakan Road Show hasil tarian lamanya di rumah kediamannya di Sekretariat Sanggar Layar Kumendung.(Usik Kopat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here