Peringatan Hari LVRI ke-64 Tahun di Kabupaten Banyuwangi dengan Tema “Bersama Masyarakat, LVRI Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

    0
    95

    Peringatan hari Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Banyuwangi ke-64 tahun dengan Tema “Bersama Masyarakat, LVRI Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” di Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria Banyuwangi yang mestinya diperingati setiap 02 Januari Selasa (05/01/2021).

    Dalam acara ini dihadiri oleh perwakilan veteran Banyuwangi, Priveri, Pemuda Panca Marga, Pepabri, DHC’45, Komunitas Gotong Royong’45, Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi, Kemeninvet Kodim Banyuwangi, dan FPK  Banyuwangi.

    Acara diawali pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama dipimpin oleh Ibu Kasih Utomo diteruskan dengan mengheningkan cipta, dan menyanyikan lagu Mars LVRI.  Sambutan disampaikan oleh ketua DPC LVRI Banyuwangi Kapten Purnawirawan Kusnari.  Dalam sambutannya Kusnari mengatakan bahwa acara mengenang 64 tahun Ormas Legium Veteran Republik Indonesia dengan tujuan untuk menghormati para veteran dan keputusan Presiden Soekarno juga atas saran ratusan veteran pejuang kemerdekaan yang berkumpul di Ibukota kala itu, juga saran organisasi veteran dunia untuk mendukung perdamaian dunia serta meningkatkan kesejahteraan orang-orang yang berjasa dalam merebut kemerdekaan menghadapi penjajahan Negara lain.

    “Acara mengenang ke-64 tahun Ormas Legium Veteran Republik Indonesia  bertujuan untuk menghormati para veteran dan keputusan Presiden Soekarno juga atas saran ratusan veteran pejuang kemerdekaan yang berkumpul di Ibukota kala itu, juga saran organisasi veteran dunia untuk mendukung perdamaian dunia serta meningkatkan kesejahteraan orang-orang yang berjasa dalam merebut kemerdekaan menghadapi penjajahan negara lain, “tutur Kapten Pur. Kusnari.

    Beliau juga menambahkan bahwa LVRI adalah Ormas satu-satunya wadah dan sarana perjuangan bagi segenap Veteran RI yang dibetuk berdasarkan persamaan kehendak, bidang kegiatan, profesi dan fungsinya untuk berperan serta dalam pewaris nilai-nilai juang 1945, pembangunan nasional, pertahanan dan keamanan nasional.

    “Bersama Masyarakat, LVRI menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mari kita dengarkan aspirasi rakyat dan bersama bergotong royong untuk mempertahankan kemerdekaan dalam naungan NKRI yang kita cintai ini. Dan pidato ini saya beri judul, Sejarah terulang … Ibu pertiwi memanggil Korsa Karya Dharma untuk Bela Negara, “tegas Kapten Kusnari.

    Setelah sambutan ketua DPC LVRI kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Bagimu Negeri bersama-sama.  Lagu perjuangan dinyanyikan oleh  Lintang Kurnia Astuti yaitu Indonesia Jaya, kemudian pembacaan puisi dengan judul Sang Patriot oleh Istiqlal Syukri Ahmad siswa MI Islamiah Rogojampi yang kemarin telah memeroleh juara 3 pada lomba Porseni di Kemenag Banyuwangi.  Dilanjutkan dengan doa kemudian pemotongan tumpeng oleh ketua DPC LVRI Banyuwangi untuk makan bersama dan ramah tamah sambil menunggu mengikuti acara peringatan dengan zoom meeting dari pusat peringatan hari Veteran jam 10.00 WIB.

    Tepat jam 10.00 WIB para veteran mengikuti peringatan hari Veteran yang diikuti oleh seluruh Veteran seluruh Indonesia  melalui zoom meeting.  Nampak para Veteran dari seluruh Indonesia menyimak peringatan hari Veteran pada hari ini dengan saling menyapa antar veteran melalui online ini.  Dalam zoom meeting ketua LVRI pusat yaitu Letjen Purnawirawan Saiful Sulun memberikan sambutannya dan para peserta menyimak sampai selesai dengan melalui layar monitor bersama-sama di tempatnya masing-masing.(Aguk)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here