Suasana Sore Hari Latihan Tari di Sanggar Seni Angklung Soren

0
101

Sore ini menikmati dan melihat suasana latihan di Sanggar Seni Angklung Soren Kelurahan Banjarsari Kecamatan Glagah Senin (10/01/2021)

Sanggar Seni Angklung  Soren adalah  tari binaan Slamet Menur seorang mastero tari senior yang ada di Banyuwangi saat ini. Berdiri sebuah bangunan Osing di pinggir kampung depan persawahan dengan kanan kirinya kebun yang tumbuh berbagai pepohonan yang begitu besar membuat suasana sore itu semakin sejuk dengan hembusan angin sawah.  Tampak hadir beberapa anggota Dewan Kesenian Blambangan dan beberapa pengurus Komunitas Pelestari Adat Tradisi (KOPAT) Glagah menyaksikan latihan tari itu sembari ikut menyanyi juga menikmati singkong goreng.

Beberapa anak gadis dan pemuda belasan tahun sedang latihan tari klasik atau era tempo dulu diantaranya Perawan Sunti, Padang Ulan, Jaran Goyang, Jaring Kambyang, dan Tanduk Majeng.  Menurut  Pak Slamet Menur tari-tarian ini adalah ciptaannya sendiri dengan tujuannya yaitu melestarikannya, dan khususnya anak-anak milenial sekarang mengetahui tari-tari era tempo dulu.

“Tari-tarian ini adalah ciptaan Saya sendiri yang tujuannya saat ini kita latih kembali yaitu melestarikannya, dan khususnya anak-anak milenial sekarang mengetahui tari-tari era tempo dulu, “ujar Slamet Menur.

Sementara itu salah satu pengurus yang biasa dipanggil sapaannya Momo mengatakan bahwa latihan ini dalam rangka mempersiapkan mereka untuk road show diakhir bulan yang akan datang sehingga nantinya mereka bisa betul-betul siap.(Solihin)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here