Kunjungan Mahasiswa Sejarah Uniba ke Sekretariat KOPAT Glagah untuk Belajar tentang Sejarah, Adat, dan Budaya Osing

    0
    146

    Kunjungan Mahasiswa Sejarah Uniba ke Sekretariat Komunitas Osing Pelestari Adat Tradisi  Glagah untuk belajar tentang sejarah, adat, dan budaya Osing Selasa (12/01/2021)

    Mahasiswa sejarah Uniba berkunjung dalam rangka memelajari sejarah, seni, adat, dan budaya Banyuwangi. Ada sekitar 40 mahasiswa dan mahasiswi dan didampingi 2 dosennya yang akan menerima kuliah umum tentang sejarah dan seni budaya Blambangan dari pengurus Kopat Sanusi dan Pribadi.

    Menurut salah satu mahasiswa bahwa kegiatan kali ini adalah untuk belajar mengenai tentang sejarah dan seni budaya Banyuwangi kepada para seniman budayawan secara langsung di lapangan terutama di daerah yang masih banyak dilakukan kegiatan ritual budaya.

    Menurut Pribadi yang banyak mengupas tentang sejarah Blambangan mengatakan bahwa temuan Blambangan yang berupa benda diantaranya keraton Macan Putih, Keraton Lemahbang, dan Keraton Muncar. Rafless adalah Gubernur Jenderal Inggris pernah tinggal di Jawa banyak menulis tentang Kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa.

    “Sebelum berdiri Keraton Macan Putih ada Keraton Kedawung di sekitar Aliyan dengan ibukotanya kota Lateng, “Begitu penjelasan Pribadi mengenai sejarah Kerajaan Blambangan dari awal sampai akhir.

     

    Sementara itu Sanusi tokoh adat dan budaya Glagah banyak menceritakan tentang seni budaya yang ada di Banyuwangi. Mulai dari seni, adat tradisi, budaya, arsitektur rumah, sistim bertani, dan sebagainya.  Menurutnya masyarakat yang sampai saat ini mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh para leluhurnya dari bergai asfek kehidupan berarti sampai saat ini budayanya bisa dikatakan bertahan dan lestari.

    “Masyarakat yang sampai saat ini mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh para leluhurnya dari bergai asfek kehidupan berarti sampai saat ini budayanya bisa dikatakan bertahan dan lestari, “tutur Usik.

    Dua pendamping dosen dari Uniba berterima kasih banyak kepada pengurus  Kopat yang telah memberikan motivasi kepada mahasiswanya untuk belajar tentang sejarah lokal wilayahnya.(Ribot Kalembuan)

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here