Dinas Pendidikan Banyuwangi Melaksanakan Pelatihan Belajar Dimana Saja dengan Google For Education

    0
    134

    Dalam rangka menghadapi tantangan pembelajaran abad 21,
    Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Pendidikan Banyuwangi melaksanakan Pelatihan Belajar Dimana Saja dengan Google For Education, berkolaborasi dengan 180 sekolah , selama 2 ( dua) hari yakni 13-14 Januari 2021
    menyiapkan terobosan dalam cara bekerja dan mengajar, salah satunya pengunaan Google for Education yaitu aplikasi G-Suite. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19, selama pembelajaran dari rumah. Sementara itu, untuk memberikan alternatif cara belajar dari rumah, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi juga mendorong dimanfaatkannya konten-konten pembelajaran daring yang tersedia, oleh orang tua dan siswa selama masa pembelajaran dari rumah.

    Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno, S.Pd, MM dalam video teleconfrence menuturkan kegiatan Pelatihan Belajar Dimana Saja dengan Google For Education secara virtual sudah menjadi komitmen Dinas Pendidikan Kab. Banyuwangi dalam meningkatkan kompetensi guru dalam implementasi pembelajaran jarak jauh bertujuan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar di era pandemi covid-19 secara profesional bersama warga belajar, untuk membangkitkan kembali semangat belajar para siswa didik ditengah pandemi covid 19 ini, jelas Suratno. Pelatihan Belajar Dimana Saja dengan Google For Education digelar serentak di 180 titik dengan narasumber Misbahul Fahmi Fahrezi ( Google Master Trainer ) dibuka oleh Suratno menyasar tingkat TK, SD, SMP se Kabupaten Banyuwangi.

    “Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan GTK agar dapat mengoptimalkan penggunaan Google Suite untuk keperluan pembelajaran , “tambah Suratno.

    Kegiatan Pelatihan Belajar Dimana Saja dengan Google For Education di SMPN 2 Rogojampi berlangsung penuh semangat, diikuti 50 peserta yang terdiri guru dan PTK. Kepala SMPN 2 Rogojampi, H. Agus Syafi’i menyampaikan, “Dalam rangka mewujudkan GTK yang mampu menginspirasi dan memimpin pembelajaran dengan memanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan, pelatihan mengenai dasar-dasar keahlian penggunaan Google Suite untuk pendidikan/pembelajaran. Perlu dukungan semua pihak untuk mewujudkan itu semua, namun hal ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan digital school di abad 21, “tambah Agus.

    “Situasinya memang sedang di tengah Pandemi Covid-19, acara ini tetap mengikuti protokol kesehatan, pendidikan yang melibatkan warga belajar guna menciptakan pembelajaran inspiratif,
    misalnya kita terus berupaya membangun kelas yang menyenangkan dalam situasi pandemi covid 19 seperti sekarang ini” kata Agus. Karena kegiatan Pelatihan melalui Google For Education selama 2 ( dua ) hari ini menggembleng skill guru , gemblengan emosional bisa dikatakan lancar dengan menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran daring, ketika semua bergerak dengan cekatan semua bisa diatasi, terlebih ditunjang dengan tim IT SMPN 2 Rogojampi yang luar biasa, “ungkapnya.(Ilham Triadi)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here